Wednesday, May 11, 2011

Rangkuman Psikologi Perpustakaan

  1. Psikologi berasal dari kata psyche dan logos.
  2. Pada dasarnya psikologi mempelajari tingkah laku dan proses mental manusia.
  3. Kata psikologi berasal dari bahasa yunani.
  4. Motivasi tina untuk meraih gelar sarjana perpustakaan merupakan contoh tingkah laku covert.
  5. Membuka halaman buku merupakan contoh tingkah laku terbuka.
  6. Sebagai suatu ilmu, psikologi haruslah obyektif.oleh karena itu tingkah laku yang dipelajari dalam psikologi tingkah laku terbuka dan tertutup.
  7. Salah satu contoh tingkah laku tertutup yang tidak dapat diamati secara langsung adalah persepsi seseorang terhadap pustakawan.
  8. Kepuasan pemakai perpustakaan merupakan contoh tingkah laku covert.
  9. Psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia dan hewan, termasuk juga penerapan ilmu tersebut untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi manusia. Definisi ini dikemukakan oleh Clifford T.Morgan, dkk.
  10. Seorang  psikolog tertarik untuk mempelajari seluruh aspek tingkah laku manusia.
  11. Pada awalnya psikologi merupakan bagian dari filsafat.
  12. Bapak psikologi modern adalah Wilhelm Wundt.
  13. Laboratorium psikologi pertama didirikan di Leipzig.
  14. Teori-teori psikologi berkisar tentang syaraf sensoris dan motoris di otak dan hukum-hukum yang mengatur bekerjanya syaraf tersebut berkembang pada saat psikologi menjadi bagian dari ilmu pengetahuan alam.
  15. Aliran psikodinamika dipelopori oleh Sigmund Freud.
  16. Aliran behaviorisme dipelopori oleh J.B. Watson dan B.F. Skinner
  17. Aliran humanistik dipelopori oleh Abraham Maslow
  18. Carl Rogers merupakan salah satu pelopor aliran humanistik.
  19. B.F. Skinner merupakan salah satu pelopor aliran behaviorisme.
  20. Aliran psikodinamika menitik beratkan pada insting (dorongan) yang berasal dari alam ketidaksadaran.
  21. Aliran behaviorisme  menitik beratkan pada tingkah laku yang dapat di observasi.
  22. Aliran humanistik menitikberatkan pada potensi positif yang dimiliki manusia.
  23. Seseorang menjadi pencuri karena norma-norma sosial yang dimilikinya kurang sehingga ia tidak mampu mengatasi dorongan negatif dalam dirinya. Pendapat ini dikemukakan oleh aliran psikodinamika.
  24. Seseorang menjadi penuri karena ia tidak pernah mendapatkan hukuman sehingga ia dapat menikmati hasil curiannya. Pendapat ini dikemukakan oleh aliran behaviorisme.
  25. Seseorang menjadi pencuri karena terpaksa. Ia tidak pernah dapat mencari pekerjaan lain yang lebih baik. Pendapat ini dikemukakan oleh aliran humanistik.
  26. Bagian dari psikologi yang mempelajari perubahan emosi yang terjadi remaja adalah psikologi perkembangan.
  27. Bagian dari psikologi yang dan mendiagnosa kelainan tingkah laku, mengetahui penyebab serta melakukan terapi untuk memperbaiki kelainan tingkah laku tersebut adalah psikologi klinis.
  28. Bagian dari psikologi yang mepelajari perkelahian massal yang terjadi antar kelompok adalah psikologi sosial.
  29. Bagian dari psikologi yang mempelajari bagaimana menyeleksi calon pegawai, melakukan pelatihan pegawai, meningkatkan produktifitas dan kondisi kerja, meningkatkan komunikasi di dalam organisasi adalah psikologi industri dan organisasi.
  30. Laboratorium psikologi pertama didirikan pada tahun 1879.
  31. Untuk mengetahui apakah pemakai lebih suka menggunakan CD ROM ataukah Online Database, maka staf perpustakaan mengamati tingkah laku pemakai. Ia mencatat berapa kali pemakai menggunakan CD ROM dan Online Database serta mencatat waktu penggunaannya. Cara pengambilan data ini adalah metode observasi.
  32. Perpustakaan X ingin mengetahui bagaimana motivasi pemakai untuk menjadi anggota perpustakaan. Perpustakaan membuat beberapa pertanyaan untuk ditanyakan secara langsung kaepada anggota yang kebetulan berkunjung ke perpustakaan. Metode ini termasuk wawancara.
  33. Sebuah sekolah ingin mendirikan perpustakaan. Seorang konsultan diugaskan untuk membangun perpustakaan itu. Pertama kali ia ingin menggali kebutuhan informasi dari para guru. Ia menyebarkan daftar pertanyaan untuk diisi oleh guru-guru yang mengajar di situ. Cara ini merupakan pengukuran tingkah laku dengan menggunakan metode kuesioner.
  34. Untuk mengeahui tingkat kepuasan pemakai, perpustakaan X menyusun sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan hal itu. Berdasarkan daftar pertanyaan tersebut petugas perpustakaan mengajukan pertanyaan secara tatap muka kepada sejumlah pengunjung. Untuk memudahkan petugas, proses tanya jawab tersebut direkam dalam pita kaset. Cara ini merupakan pengukuran tingkah laku dengan menggunakan metode wawancara.
  35. Metode dalam psikologi yang iri utamanya peneliti dapat mengubah-ubah situasi tergantung tujuan penelitian adalah eksperimen.
  36. Kita ingin mengetahui apakah petugas layanan perpustakaan cukup ramah dalam melayani pengunjung. Kita akan mengamati dan mencatat tingkah laku petugas, misalnya apakah mereka menyapa pengunjung, tersenyum ketika melayani pengunjung dan seterusnya. Metode yang kita gunakan adalah metode observasi.
  37. Perpustakaan X ingin mengetahui bagaimana pemanfaatan internet di perpustakaan tersebut. Mereka membuat pertanyaan antara lain mengenai berapa kali dalam seminggu pemakai menggunakan internet, berapa lama waktu yang digunakan, informasi apa yang biasanya dicari di internet. Daftar pertanyaan yang diberikan pada para pengunjung untuk mereka isi. Cara ini merupakan kuesioner.
  38. Peneliti ingi mengetahui bagaimana mahasiswa yang sedang membuat skripsi mencari informasi di internet untuk penulidsan skripsinya.penelii mengamati dan mencatat langkah-langkah yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa dalam menelusur informasi di internet. Cara ini merupakan pengukuran tingkah laku dengan menggunakan metode observasi.
  39. Untuk mendapatkan calon pegawai yang epat, perpustakaan x melakukan serangkaian tes  kepada calon pegawai yang dilkukan oleh sebuah lembaga psikologi. Tes itu untuk mengetahui intelegensi, kepribadian dan sikap kerja calon pegawai. Cara ini merupakan pengukuran tingkah laku dengan menggunakan metode psikotes.
  40. Pengukuran tingkah laku dengan menggunakan alat yang disebut alat psikodiagnostik yang hanya dapat digunakan oleh orang-orang tertentu yang terlatih adalah psikotes.
  41. Yang merupakan kriteria dari pengertian belajar adalah belajar merupakan proses perubahan tingkah laku berdasarkan pengalaman.
  42. Istilah belajar pada umumnya diartikan sebagai kegiatan menghapal, aktivitas di kelas, pendidikan formal.
  43. Perubahan tingkah laku dalam belajar mencakup perubahan yang nampak nyata dan perubahan yang tidak terlihat.
  44. Perubahan tingkah laku relatif permanen, artinya tingkah laku yang telah diperoleh dapat bertahan dalam waktu yang lama.
  45. Seorang atlet dapat berhasil dengan gemilang dan menempati urutan dalam pertandingan lari, namun belakangan diketahui ia mengkonsumsi obat dopping untuk meningkatkan kecepatannya. Peningkatan prestasinya untuk menempati urutan pertama dikarenakan oleh minum obat.
  46. Tingkah laku seekor burung untuk membuat sarang dari ranting-ranting pohon merupakan tingkah laku yang dipengaruhi oleh genetik.
  47. Tingkah laku hewan yang tidak dipelajari disebut sebagai pola tindakan yang menetap.
  48. Tingkah laku refleks pada manusia merupakan tingkah laku yang tidak dipelajari.
  49. Yang dimaksud dengan tingkah laku bawaan adalah tin gkah laku yang tidak dipelajari.
  50. Iklan di tv bertujuan untukmengubah pikiran penonton, mengubah sikap penonton, mengubah tingkah laku penonton.
  51. Tokoh yang mengemukakan teori belajar kondisioning klasik adalah Ivan P.Pavlov
  52. tOkoh yang mengemukakan teori belajar kondisioning operan adalah B.F. Skinner
  53. Tokoh yang menegemukakan teori belajar observasi adalah Albert Bandura
  54. Tokoh yang mengemukakan hukum law of effect adalah Thorndike
  55. Teori belajar kondisioning klasik menekankan pada hubungan antara stimulus dengan respons
  56. Teori belajar kondisioning operan  menekankan pada hubugan antara respons degan reinforcement
  57. Neutral stimulus adalah stimulus yang tidak menghasilkan respons
  58. Seorang anak yang pernah digigit lebah ketika mencium bunga mawar menjadi takut setiap kali melihat bunga mawar. Feomena ini dalam belajar kondisioning klasik disebut diskriminasi
  59. Seorang anak yang dilarang ibunya bermain dengan kelinci, menjadi takut dengan kelinci dan binatang berbulu lainnya. Fenomena ini dalam belajar kondisioning klasik disebut generalisasi
  60. Makanan, minuman, seks dan oksigen merupakan contoh primary reinforcement
  61. Senyuman, pujian, piagam, medali merupakan contoh secondary reinforcement
  62. Pegawai negeri yang mendapatkan gaji setiap bulan merupakan contoh fixed interval schedule
  63. Poling sms sangat digemari oleh masyarakat, pengirim sms akan mendapatkan hadiah jika nomornya terpilih. Nomor yang terpilih dipilih secara acak dan bukan berdasarkan pengirim sms terbanyak. Ini merupakan contoh variable ratio schedule
  64. teori belajar kognitif mempunyai pendekatan yang berbeda dengan teori belajar kondisioning klasik dan kondisioning operan karena menekankan pada proses mental yang terjadi pada individu.
  65.  Empat komponen penting dalam belajar observasi adalah perhatian, penyimpanan, motor produksi dan reinforcement
  66. Ketika iwan dihadapkan pada soal matematika ia tidak dapat menjawab soal tersebut, namun tiba-tiba saja ia mendapatkan ide untuk memecahkan soal tersebut. Menurut Wolfgang  Kohler proses belajar seperti itu disebut Insight Learning dan AHA experience
  67. Anak-anak menjadi agresif karena menonton film mengenai orang dewasa yang suka marah-marah dan memukul, pandangan bahwa belajar dapat terjadi lewat meniru perilaku orang lain dikemukakan oleh teori belajar observasi
  68. Berikut adalah ciri-ciri belajar kognitif, yaitu kognitif memainkan peran penting dalam belajar, belajar dapat terjadi tanpa perubahan pada perilaku,seseorang dapat belajar dengan mengobservasi tingkah laku model
  69. Ahli psikologi yang melakukan eksperimen “ bobo doll “ adalah Alber Bandura
  70. Ahli psikologi yang melakukan eksperimen yang berkaitan dengan Insight learning adalah Wolfgang kohler
  71. Motivasi termasuk dalam  tingkah laku covert
  72. Kebutuhan untuk tidur, makan, minum merupakan dorongan yang bersifat fisiologis
  73. Kebutuhan untuk berprestasi, sukses dalam bekerja adalah dorongan yang bersifat psikologis
  74. Rina mendapatkan hadiah buku dari ayahnya karena berhasil meraih rangking kedua di kelasnya, sejak itu rina bertambah giat belajar. Hadiah buku tersebut merupakan insentif positif.
  75. Karena menyontek pada ujian tengah semester, si X diskors selama 1 semester. Sanksi yg diberikan membuat si X dan teman-temannya tidak berani melakukan perbuatan yang tidak terpuji tsb. Sanksi tsb merupakan  insentif negatif
  76. Kecenderungan tubuh untuk mempertahankan keseimbangan disebu homeostasis
  77. Karena tingginya tidak memenuhi syarat, iwan tidak lulus ujian masuk akademi ABRI yang di idam-idamkannya. Frustasi yang dialami iwan disebut sebagai frustasi individu
  78. Joni terlambat datang pada saat panggilan wawancara pekerjaan. Keterlambatan joni terjadi ketika jalanan macet karena adanya demo. Joni yang telah berangkat lebih awal merasa frustasi. Frustasi yang dialami joni disebut frustasi lingkungan
  79. Bagas menyukai ratih karena ia adalah gadis yang cantik, namun ayah ratih terkenal galak. Bagas menghadapi konflik yang disebut konflik mendekat/menjauh
  80. Seorang pemakai perpustakaan tidak mau berhenti menggunakan internet gratis yang tersedia di prpustakaan, padahal waktu yang disediakan utuknya telah habis. Ia harus berhenti karena masih ada pemakai lain yang antri. Ketika ditegur ia malah marah-marah. Reaksi yang ditunjukkan olehnya adalah reaksi eksplosif
  81. Menjadi pegawai tetap termasuk dalam kebutuhan keamanan
  82. Kebutuhan untuk dicintai dan mencintai orang lain merupakan kebutuhan sosial
  83. Tokoh yang menyatakan bahwa manusia mempunyai kebutuhan berprestasi, kebutuhan afiliasi dan kebutuhan kekuasaan adalah David Mc Clelland
  84. Tokoh yang mengemukakan teori X dan teori Y adalah Douglas Mc Gregor
  85. Motivation- Hygiene Theory dikemukakan oleh Frederick Hezberg
  86. Tokoh yang bersrgumen bahwa job enrichment diperlukan untuk memberikan motivasi intrintik bagi seorang pekerja adalah Frederick Hezberg
  87. Menurut Hezberg, kebijakan dan admiistrasi, supervisi, hubungan dengan supervisor atau rekan kerja, kondisi kerja, dan gaji adalah faktor-faktor yang merupakan sumber ketidakpuasan
  88. Hezberg menyebut sumber ketidakpuasan sebagai hygiene
  89. Rina menyukai jenis pekerjaan yang memungkinkan dirinya banyak beriteraksi dengan orang lain. Menuru Mc Clelland, rina memiliki kebutuhan afiliasi yang tinggi
  90. Aplikasi teori Y jika dihubungkan dengan teori Maslow akan memuaskan kebutuhan sosial, penghargaan dan aktualisasi diri
  91. Drucker menggunakan istilah manual worker untuk staf non profesional yang tidak memiliki pendidikan formal perpustakaan
  92. Drucker menggunakan istilah knowledge worker untuk staf perpustakaan yang memiliki pendidikan formal perpustakaan
  93. Penerapan eori X di perpustakaan lebih tepat diaplikasikan kepada manual worker
  94. Penerapan teori  Y  di perpustakaan lebih tepat diaplikasikan kepada knowledge worker
  95. Morton berpendapat bahwa berparisipasi dalam konferensi, workshop, pelatihan merupakan salah satu cara mencapai kebutuhan aktualisasi diri
  96. Teori  Y  idak cocok diaplikasikan kepada pekerjaan yang membosankan dan berulang-ulang
  97. Kondisi tempat kerja yang nyaman menurut Hezberg akan mengurangi atau menghilangkan perasaan ketidakpuasan
  98. Kebutuhan yang dapat dipenuhi dari gajinya adalah kebutuhan fisiologis
  99. Verdikalitas persepsi adalah taraf ketepatan antara persepsi dengan kenyataan yang sesungguhnya
  100. Menurut  Jung yang termasuk dalam fungsi persepsi adalah sensing and feeling

2 comments:

Kumpulan Serial Number

HOME SECURITY 1. AVG INTERNET SECURITY 8MEH-R3VBQ-DC433-3FPOA-YK6TW-NEMBR-ACED 8MEH-RPTGT-KMOL7-EEEVR-KYX7C-LEMBR-ACED 8MEH-RF22Z-ANGGS-...