Tuesday, May 17, 2011

Canon IP 1980


Satu lagi pengalaman soal dunia komputer. kali ini mau share soal Resetter Printer Canon. Kebetulan printer type Canon IP 1980, Biasanya printer kita dalam kondisi tertentu mau melaksanakan tugasnya buat ngeprint, padahal tinta masih banyak trus lampunya kedap kedip trus, merah... ijo..... merah.... ijo..... Nah kayaknya tuh printer perlu di Resetter. Hal ini umum dialami oleh semua printer termasuk Canon. Biasanya k-lo printer kita ngadad paling pertama kita cek tintanya, tapi gimana k-lo printer ngadad tapi tintanya masih banyak, nah loh gimana tuh printer. Jurus terakhir kita pasti langsung aja bawa ke servisan komputer yang menyediakan servis printer, ato dibawa langsung ke servis centernya. Namun biasanya sampai tempat servisan mas-nya bilang selalu wah ini harus ditinggal k-lo gk besok ya lusa baru bisa selesei.  dan biasanya harga jasanya pun lumayan dan bervariasi mulai 15rb sampai 50rb. Hmmmmm selalu deh kebiasaan buruk tuh para teknisi......apa cari makan mesti gitu yah....  (sekali lagi pengalaman ane yah..... dan nyatanya ane sering dibo'ongi ma para teknisi tu, cuma belaga culun aja.... Hwehehehe... "halah kmu mang culun aja Dhank..... ;) " ). Padahal Resetter printer itu gk lama dan toolnya juga gratis di internet banyak yang posting koq, coz ane pernah coba di printer ane ndri, dan ternyata cuma butuh waktu kurang lebih 20 detik sampai 5 menitan aja.

Ok deh langsung aja gimana cara Resetter-nya:

* Cara Pertama
(buat yang belum penah Resetter ato printer baru yang pertama kali ngadad).
1. Nih cara paling gampang coz kita gk butuh tool ato sopwer apapun.
2. Caranya matiin printer canon kmu, tunggu sampai bener2 mati.
3. Kemudian tekan tombol power lagi seperti biasanya, tapi jangan dilepas kira2 20 detik sampai 30 detik.
4. Truz lepas tombolnya, dan printer kita udah gk kedap-kedip lagi. tu artinya kita udah berhasil benerin printer. dan kita udah berhemat beberapa puluh ribu untuk itu. Gampang kan.....

(NB: Cara di atas tidak permanen, artinya printer kita akan mengalami hal yang serupa pada waktu yang akan datang, karena cara tersebut hanya bersifat sementara)

* Cara Kedua
1. Masih belum pake sopwer, tapi kali ini caranya agak rumit bahasanya, jadi baca yang bener yah.....
2. Pertama-tama cabut kabel power yang ada di belakang printer.
3. Kemudian tekan tombol power dan jangan dilepas, trus sambil menetan tombol power tancapkan lagi kiabel power printer yang ada dibelakang.
4. K-lo udah tertancap, tetep pada posisi menekan tombol power, kemudian tekan tombol warna merah sebelah tobol power yang berkedap-kedip sebanyak 2 kali. Setelah itu lepas.
5. Nah lampunya udah gk kedap-kedip lagi dan tu artinya udah siap buat ngeprint lagi deh.....

* Cara Ketiga
Nah yang satu ni di jamin k-lo udah pake cara nomer 3 printernya gk bakalan minta resetter lagi. tapi cara ini kita butuh tool ato sopwer yang bisa temen2 DONLOD DI SINI, cara kerjanya:
1. Buka file yang udah di donlod tadi trus jalankan file General Tool.exe kurang lebih tampilannya seperti di bawah ini:

2, Langkah2nya seperti gambar di atas, yang pertama tentukan port USB yang digunakan printer kita. trus klik Lock Release (ada di pojok kiri bawah)
3. Kemudian centang EEPROM Clear trus yang terakhir klik Test Pattern 1. nah tunggu sebentar sampai proses selesai.
4. Taraaaaa.......... printer kita udah beres deh, dan dijamin gk bakalan Reset lagi, coz cara ini bersifat permanen.


Semoga Bermanfaat.......

No comments:

Post a Comment

Kumpulan Serial Number

HOME SECURITY 1. AVG INTERNET SECURITY 8MEH-R3VBQ-DC433-3FPOA-YK6TW-NEMBR-ACED 8MEH-RPTGT-KMOL7-EEEVR-KYX7C-LEMBR-ACED 8MEH-RF22Z-ANGGS-...