Wednesday, May 11, 2011

Rangkuman Management Perpustakaan

  1. Perpustakaan adalah tempat menyimpan dan mencari sumber informasi, mencari dan menambah ilmu pengetahuan, mencari dan melengkapi bahan penelitian.
  2. Di dalam perpustakaan ada organisasi dan sistem yang mengatur agar proses sirkulasi bahan pustaka berjalan dengan lancar. Proses ersebut meliputi peminjaman bahan pustaka, pengembalian bahan pustaka, perpanjangan bahan pustaka.
  3. Perpustakaan dapat berfungsi dengan baik jika didukung oleh SDM yang handal dan bededikasi tinggi, sarana dan prasarana, dana yang cukup memadai.
  4. Persyaratan yang harus dipenuhi untuk sebuah perpusakaan diantaranya adanya kumpulan bahan pustaka yang sudah diolah dan disajikan ke pengguna.
  5. Secara garis besarnya tugas perpustakaan adalah mengumpulkan, menyimpan, dan menyediakan informasi dalam bentuk tercetak ataupun dalam benuk elektronik kepada pemakai, terus memperhaikan kemajuan zaman dan kemajuan teknologi agar keinginan masyarakat dalam mengakses informasi dapat terpenuhi, menjadi jembatan penyedia informasi pada masa lalu, masa kini dan masa depan.
  6. Menurut Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara nomor 132/KEP/M.PAN/12/2002 perpustakaan adalah sebuah unit kerja yang memiliki sumberdaya manusia, ruangan khusus dan koleksi bahan pustaka sekurang-kurangnya terdiri dari 1000 judul dari berbagai disiplin ilmu.
  7. Perpustakaan dalam bahasa Belanda disebut juga Bibliothek
  8. Seiring kemajuan zaman, tugas perpusakaan semakin berkembang di anaranya menyediakan informasi yang dapa diakses lewat internet.
  9. Pengertian perpustakaan menurut Enyclopedia Britannica adalah himpunan bahan-bahan tertulis atau tercetak yang diatur dan diorganisasikan untuk tujuan studi dan penelitian atau pembacaan umum atau kedua-duanya.
  10. Pada dasarnya fungsi perpustakaan adalah informasi, edukasi, rekreasi, kulural, penelitian.
  11. Fungsi dan tugas perpustakaan dapat berjalan baik, selaras dan harmonis jika ada kepentingan perpustakaan yang didahulukan.
  12. Beberapa pakar mengelompokkan perpustakaan menjadi 5 jenis.
  13. Maksud dari fungsi rekreasi adalah mencari koleksi yang bersifat populer dan menghibur, menggunakan media audio visual atau membaca koran sepuasnya.
  14. Jenis perpustakaan khusus contohnya adalah perpustakaan sekretariat ASEAN di Jakarta
  15. Untuk menunjang terlaksananya program pendidikan, peneliian dan pengabdian pada masyarakat merupakan fungsi dari perpustakaan perguruan tinggi.
  16. Upaya-upaya pengelola perpustakaan agar masyarakat gemar embca dan mau mengunjungi perpustakaan adalah memyediakan bahan pustaka yang komplit dan relevan di perpustakaan.
  17. Salah satu fungsi perpustakaan nasional adalah mengkaji dan menyusun kebijakan nasional di bidang perpustakaan .
  18. Salah satu jenis perpustakaan yang dibiayai oleh swadaya masyarakat dan pajak adalah perpustakaan umum.
  19. Kata manajemen mempunyai pengertian orang yang mengatur.
  20. Manajemen merupakan kebutuhan bagi setiap organisasi, khususnya organisasi modern karena organisasi tersebut sangat besar sehingga tidak bisa lagi dikendalikan sendiri.
  21. Frederick winslow taylor mengembangkan alat-ala manajemen,seperti telaah tentang gerak dan wktu, yang menghasilkan standar kerja.
  22. Pernyataan yang benar adalah makin tinggi kedudukan seseorang dalam manajemen, makin berkurang pekerjaan yang bersifat teknis, makin rendah kedudukan seseorang dalam manajemen, makin bertambah pekerjaan yang bersifat teknis dan makin berkurang pekerjaan yang bersifat manajerial.
  23. Seluruh proses manajemen dapat diajarkan di universitas dan di dalam pabrik dengan cara serupa seperti mengajarkan informasi teknis , adalah pernyataan Henry Fayol.
  24. Salah satu prinsip Fayol yang perlu dibina secara terus-menerus adalah Esprit de corps.
  25. Perencanaan atau planning merupakan salah satu fungsi manajemen di samping fungsi-fungsi manajemen yang lain, yaitu pengorganisasian, pengisian jabatan, dan pengawasan.
  26. Perencanaan atau planning sebagai fungsi manajemen didefinisikan sebagai menentukan sasaran yang ingin dicapai, tindakan yang harus dilakukan, bentuk organisasi dan personel/tenaga kerja.
  27. Struktur organisasi hanyalah sebuah alat untuk pencapaian tujuan organisasi.
  28. Suatu pekerjaan dapat berjalan baik serta sesuai dengan rencana apabila diatur dengan baik sehingga jelas siapa yang mengerjakan apa. Fungsi  manajemen yang berkaian dengan hal ini adalah pengorganisasian.
  29. Sumber daya manusia merupakan aset yang sangat berharga bagi suatu organisasi maka fungsi staffing sangat perlu diperhaika agar erjadi The Right Man in The Right Place. Dalam staffing, meliputi identifikasi tenaga yang ada, mempromosikan, meniali, memberi imbalan, melatih, memindahkan dan memeat, serta memerintah karyawan.
  30. Sumber daya manusia sanga penting bagi suatu organisasi maka pemilihannya harus dilakukan dengan baik. Apabila terjadi kesalahan dapat mengakibatkan tujuan yag sudah direncanakan tidak tercapai.
  31. Fungsi staffing sangat erat kaitannya dengan fungsi pengorganisasian kesalahan yang dilakukan dalam pemilihan dan pengerahan SDM dapat menghambat pencapaian tujuan organisasi.
  32. Pemimpin merupakan salah satu unsur manajemen yang menentukan keberhasilan organisasi. Tugas pemimpin adalah mempengaruhi orang lain dalam organisasi agar orang tersebut dapat digerakkan sesuai dengan arah organisasi.
  33. Keberhasilan organisasi tergantung dari banyak faktor, antara lain proses pengarahan oleh pemimpin suatu organisasi atau yang dikenal dengan directing.
  34. Salah satu fungsi manajemen adalah pengawasan. Di bawah ini adalah beberapa kategori pekerjaan pengawasan  antara lain menetapkan standar prestasi pada sasaran perencanaan, membandingkan prestasi sesungguhnya dengan standar yang terlebih dahulu telah ditetapkan, menentukan bahwa organisasi perlu mengangkat tenaga kerja lain.

No comments:

Post a Comment

Kumpulan Serial Number

HOME SECURITY 1. AVG INTERNET SECURITY 8MEH-R3VBQ-DC433-3FPOA-YK6TW-NEMBR-ACED 8MEH-RPTGT-KMOL7-EEEVR-KYX7C-LEMBR-ACED 8MEH-RF22Z-ANGGS-...