1. Pengertian perpustakaan secara umum adalah ...
| A. Instansi yang didalamnya tercakup unsur informasi, proses, simpan dan pemakai |
| B. Suatu tempat untuk menyimpan berbagai bentuk benda yang mempunyai arti tertentu |
| C. Suatu instansi yang dipercaya untuk menyimpan dokumen-dokumen penting suatu negara |
| D. Instansi yang berperan aktif dalam menyimpan hasil aktivitas suatu bangsa |
2. Perpustakaan mempunyai fungsi pendidikan, karena perpustakaan merupakan tempat untuk . . .
| A. menemukan informasi tertentu |
| B. belajar sepanjang hayat |
| C. mempelajari dokumen-dokumen kenegaraan |
| D. menyimpan dokumen-dokumen penting suatu instansi |
3. Perpustakaan pertama kali berdiri di Indonesia masih belum diketahui dengan pasti, walaupun sudah banyak karya tulis yang ditinggalkan dan disimpan karena karya tersebut. . .
| A. dipakai oleh orang tertentu |
| B. digunakan semua orang |
| C. hanya disimpan saja |
| D. banyak yang dimusnahkan |
4. Pusat Deposit dan Konservasi menurut Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional tahun 2001 termasuk dalam Deputi bidang. . .
| A. Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi |
| B. Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan |
| C. Pengembangan Tenaga dan Kerjasama Perpustakaan |
| D. Pengembangan Sistem Perpustakaan dan Pengendalian |
5. Layanan yang dilakukan di Perpustakaan Nasional adalah layanan ruang baca, karena koleksi Perpusnas RI merupakan koleksi ...
| A. deposit |
| B. umum |
| C. pinjaman |
| D. jaringan |
6. Pembinaan terhadap berbagai jenis perpustakaan yang ada di Indonesia belum mempunyai standar yang baku, karena ...
| A. belum mempunyai sistem pengelolaan yang terpadu dan menyeluruh |
| B. tidak ada kesatuan penyelenggaraan perpustakaan |
| C. belum mempunyai kendali kualitas perpustakaan |
| D. pengembangan perpustakaan selalu terpadu |
7. Perpustakaan Nasional RI perlu mengadakan Jasa penelusuran informasi, karena koleksi Perpusnas RI adalah ...
| A. koleksi deposit |
| B. koleksi naskah kuno |
| C. informasi digital |
| D. informasi nasional |
|
8. Minat baca masyarakat perlu mendapat perhatian dan pembinaan oleh Perpustakaan Nasional RI, dimaksudkan agar. . .
| A. masyarakat ikut mengembangkan perpustakaan |
| B. masyarakat mulai mencintai buku sebagai sumber informasi |
| C. masyarakat memperhatikan perkembangan perpustakaan |
| D. masyarakat tidak buta perkembangan informasi yang ada |
9. Kebijakan nasional di bidang perpustakaan perlu dibuat, karena kenyataan yang ada sekarang pengembangan berbagai jenis perpustakaan ...
| A. belum menurut standar |
| B. sesuai standar yang ada |
| C. mengikuti perkembangan luar negeri |
| D. sesuai kemauan masing-masing perpustakaan |
10. Faham yang melakukan kegiatan-kegiatan kerja tertentu dalam masyarakat, berbekalkan keahlian yang tinggi dan rasa keterpanggilan, pengertian dari ...
| A. profesional |
| B. profesi |
| C. profesionalisme |
| D. prosesi |
11. Pelaksanaan kegiatan perpustakaan yang berdasar keahlian, rasa tanggung jawab dan pengabdian, merupakan pengertian profesionalisme . . .
| A. perpustakaan |
| B. pustakawan |
| C. akademis |
| D. struktural |
12. Penilaian atas suatu kegiatan yang telah dilakukan dan dapat diperhitungkan dalam kenaikan jabatan adalah ...
| A. nilai ujian |
| B. nilai pokok |
| C. angka kredit. |
| D. angka nominal |
13. Pustakawan yang bekerja i unit/instansi perpustakaan dan dokumentasi sebelum tahun 1988, maka pengangkatannya dilakukan secara ...
| A. otomatis |
| B. inpasing |
| C. pengangkatan pertama |
| D. pengumpulan angka kredit |
14. Salah satu keuntungan jabatan fungsional pustakawan adalah diterimanya . . .
| A. Surat Keputusan dalam Jabatan |
| B. Tunjangan jabatan fungsional pustakawan |
| C. Jabatan struktural dalam unit perpustakaan |
| D. Surat Keputusan menduduki suatu jabatan |
15. Dalam menyelenggarakan suatu pendidikan profesional diperlukan suatu dasar hukum agar pendidikan tersebut sah keberadaannya. Dasar yang dipakai antara lain ...
| A. Undang-undang tentang sistem pendidikan |
| B. Peraturan-peraturan tentang pendidikan profesi |
| C. Keputusan Mentri tentang suatu jabatan fungsional |
| D. Keputusan mentri tentang pendirian suatu program pendidikan |
16. Pendidikan perpustakaan yang didirikan tahun 1955 dengan lama belajar 2,5 tahun bernama . . .
| A. Kursus Pendidikan Pegawai Perpustakaan |
| B. Sekolah Perpustakaan |
| C. Kursus Pendidikan Ahli Perpustakaan |
| D. Kursus Perpustakaan Ahli |
17. Untuk memasuki dunia kerja, seseorang akan mencari pekerjaan sesuai dengan . . .
| A. upah yang diharapkan |
| B. waktu tempuh ke tempat kerja |
| C. pendidikan yang dimiliki |
| D. posisi yang diinginkan |
18. Salah satu usaha IPI dalam mengangkat derajat pustakawan Indonesia adalah ...
| A. perpustakaan banyak didatangi pengunjung |
| B. perpustakaan mulai diperhitungkan didunia pendidikan |
| C. status pustakawan sebagai tenaga fungsional |
| D. status pustakawan sejajar dengan fungsional lainnya |
19. Batasan maupun standar yang mengatur pergaulan sesama pustakawan . . .
| A. etika profesi informan |
| B. etika profesi salesman |
| C. etika profesi pustakawan |
| D. etika profesi dokumentalis |
20. Seseorang yang menjadi anggota Ikatan Pustakawan Indonesia, maka dalam pergaulannya mengikuti ...
| A. kode etik kearsipan |
| B. kode etik informasi |
| C. kode etik arsiparis |
| D. kode etik pustakawan |
21. Pengawasan bibliografi di Indonesia diharapkan dapat berjalan dengan baik dengan dikeluarkannya undang-undang tentang . . .
| A. jabatan fungsional pustakawan dan angka kreditnya |
| B. serah simpan karya cetak dan karya rekam |
| C. pendirian perpustakaan nasional RI |
| D. pelaksanaan serah simpan karya rekan dan pengelolaan karya rekam flm |
22. Pemanfaatan koleksi perpustakaan secara bersama dengan cara saling meminjamkan koleksi berupa bahan asli, termasuk dalam kategori . . .
| A. pemakaian ruang baca |
| B. pertukaran data bibliografi |
| C. pemanfaatan fasilitas yang ada di perpustakaan |
| D. silang layan |
23. Indonesian Digital Library Network (IndonesiaDLN), dikembangkan pertama kali di perpustakaan . . .
| A. IPB |
| B. ITB |
| C. UNPAD |
| D. UGM |
24. Suatu kelompok manusia yang mempunyai kepentingan bersama dan mempunyai suatu hubungan timbal balik serta hidup di suatu tempat, merupakan pengertian dari . . .
| A. masyarakat |
| B. perpustakaan |
| C. perpustakaan masyarakat |
| D. habitat |
25. Masyarakat belum cukup tahu tentang kegunaan perpustakaan, merupakan rendahnya respons dan perhatian masyarakat terhadap perpustakaan. Pernyataan tersebut merupakan kelemahan pengembangan perpustakaan dari segi . . .
| A. internal |
| B. ekternal |
| C. pustakawan |
| D. lingkungan |
26. Kumpulan dari berbagai keanekaragaman produk dan jasa menjadi suatu aktivitas baru, pengertian informasi dari . . .
| A. Setiarso |
| B. Kamus Komputer dan Teknologi Informasi |
| C. Pawit M. Yusuf |
| D. The International Institute of Communication- UNESCO |
27. Berbagai faktor yang mempengaruhi timbulnya berbagai jenis perpustakaan diantaranya adalah adanya berbagai...
| 1. jenis pembaca yang membutuhkan informasi yang berbeda |
| 2. perbedaan intensitas intelektual (spesialist subjek) |
| 3. jenis informasi yang terbit di seluruh dunia |
28. Tujuan suatu perpustakaan Perguruan Tinggi yang sesuai dengan misi antara lain . . .
| 1. menyediakan bahan pustaka rujukan pada semua tingkat akademis |
| 2. memenuhi keperluan informasi pegajar dan mahasiswa |
| 3. menyediakan jasa peminjaman dan informasi aktif bagi pemakai |
29. Ciri tipe perpustakaan terotomasi adalah . . .
| 1. teknik operasional sudah menggunakan teknologi informasi (komputer) |
| 2. koleksi masih berbentuk kertas |
| 3. penelusuran informasi menggunakan kartu katalog |
30. Tugas pokok Perpustakaan Nasional RI sesuai dengan Keppres No. 50 tahun 1998 antara lain . . .
| 1. melaksanakan pembinaan atas semua jenis perpustakaan |
| 2. melaksanakan pengembangan tenaga perpustakaan |
| 3. melaksanakan layanan rujukan, informasi ilmiah dan penelitian |
31. Dalam Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional RI tahun 2001, fungsi Perpusnas RI antara lain ...
| 1. pengkajian dan penyusunan kebijakan nasional di bidang perpustakaan |
| 2. pelancaran dan pembinaan terhadap kegiatan instansi pemerintah bidang perpustakaan |
| 3. penyelenggaraan pembinaan dan pelayanan administrasi umum |
32. Dalam rangka pembinaan terhadap tenaga prepustakaan maka Perpustakaan Nasional RI mempunyai tugas untuk. . .
| 1. menyusun kurikulum pendidikan dan latihan fungsional pustakawan |
| 2. menyusun formasi jabatan pustakan |
| 3. menetapkan standar kompetensi pustakawan |
33. Dalam rangka pembinaan berbagai jenis perpustakaan, Perpustakaan Nasional mempunyai beberpa komponen pembinaan dan pengembangan antara lain . . .
| 1. status perpustakaan |
| 2. tenaga perpustakaan |
| 3. koleksi perpustakaan |
34. Jabatan fungsional pustakawan bertujuan untuk ...
| 1. mengembangkan profesionalisme |
| 2. membina karir pustakawan |
| 3. pembinaan kepangkatan pejabat pustakawan |
35. Seorang pustakawan yang ingin mengembangkan karirnya, yang harus dilakukan adalah . . .
| 1. mengikuti seminar-seminar yang sesuai dengan latar belakang pendidikan |
| 2. ikut aktif dalam organisasi profesi |
| 3. ikut mengembangkan suatu jenis perpustakaan |
36. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan suatu profesi antara lain ...
| 1. tingkat kebutuhan masyarakat |
| 2. standar keahlian |
| 3. kemampuan untuk berkembang |
37. Jenjang jabatan pustakawan sesuai dengan Keputusan MENPAN No. 3 tahun 1998 adalah . . .
| 1. Asisten Pustakawan |
| 2. Pustakawan |
| 3. Ajun Pustakawan |
38. Tugas pokok seorang Pustakawan Muda golongan III/c, antara lain . . .
| 1. membuat instrumen dlaam rangka survei minat baca |
| 2. menetapkan hasil evaluasi penyiangan koleksi |
| 3. melakukan bimbingan pemakai sumber rujukan |
39 Pendidikan nonformal bidang perpustakaan yang sering dilakukan baik oleh organisasi profesi maupun lembaga-lembaga perpustakaan lainnya berupa . . .
| 1. seminar |
| 2. penataran |
| 3. pelatihan |
40. Visi Ikatan Pustakawan Indonesia antara lain . . .
| 1. menjadi organisasi mandiri |
| 2. dapat memenuhi tuntutan zaman |
| 3. anggota IPI menjadi tenaga layanan informasi yang kompetitif |
41. Bibliografi khusus dikelompokkan lagi menurut . . .
| 1. bentuk terbitan |
| 2. katagori terbitan |
| 3. bibliografi regional |
42. Kerjasama antar perpustakaan banyak mengalami hambatan antara lain . . .
| 1. lemah koleksi |
| 2. lemah ketenagaan |
| 3. kurang informasi antarperpustakaan |
43. Hubungan perpustakaan dengan masyarakat dapat dilihat pada jenis Perpustakaan Umum, karena . . .
| 1. didirikan oleh masyarakat |
| 2. digunakan oleh masyarakat tanpa memandang bulu |
| 3. didanai oleh masyarakat |
44. Untuk menjadi masyarakat informasi elemen yang harus dimiliki dalam masyarakat tersebut antara lain . . .
| 1. tidak buta huruf |
| 2. pemanfaatan komputer |
| 3. infrastruktur telekomunikasi |
45. Tantangan yang harus dihadapi pustakawan sebagai penyedia informasi antara lain . . .
| 1. perkembangan teknologi informasi |
| 2. kebutuhan akan ketrampilan tingkat tinggi |
| 3. keraguan pengguna terhadap kemampuan pustakawan |
Perpustakaan Rakyat Kebumen: Latihan Soal Perpustakaan Dan Kepustakawanan >>>>> Download Now
ReplyDelete>>>>> Download Full
Perpustakaan Rakyat Kebumen: Latihan Soal Perpustakaan Dan Kepustakawanan >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Perpustakaan Rakyat Kebumen: Latihan Soal Perpustakaan Dan Kepustakawanan >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK