Wednesday, May 11, 2011

Latihan Soal Psikologi Perpustakaan


1. Pokok Bahasan yang dipelajari dalam psikologi adalah. . .
  
A. Tingkah laku sekelompok masyarakat
B. Tingkah laku dan proses mental manusia
C. Masalah yang dihadapi manusia
D.Jiwa manusia 

2.   Motivasi  seseorang  untuk meraih sesuatu yang dicita-citakan  merupakan contoh tingkah laku ...
  
A.  Terbuka
B.  Overt
C.  Tersamar
D.  Covert

3.  Teori-teori psikologi yang berkaitan dengan   syaraf sensoris dan motoris diotak dan hukum-hukum yang mengatur bekerjanya syaraf tersebut berkembang pada saat psikologi menjadi bagian dari ilmu . . .
  
A.   Filsafat
B.   Pengetahuan Alam
C.    Pengetahuan Sosial
D.   Ilmu yang berdiri sendiri

4.    Aliran psikodinamika menitik beratkan pada . . .
  
A.  Tingkah laku yang dapat diobservasi
B.  Lingkungan
C.  Insting(dorongan) yang berasal dari alam ketidaksadaran
D.  Reinforcement

5.Seorang Pustakawan ingin mengetahui bagaimana motivasi pemakai sebuah perpustakaan untuk menjadi anggota perpustakaan. Ia membuat beberapa pertanyaan untuk ditanyakan secara langsung kepada anggota yang kebetulan berkunjung ke perpustakaan tersebut. Metode ini adalah termasuk …
  
A. Wawancara
B. Kuesioner
C. Psikotes
D. Observasi
6. Metode dalam psikologi yang mempunyai ciri utama, dimana peneliti dapat mengubah-ubah situasi tergantung tujuan penelitian disebut ...
  
A. Observasi
B. Wawancara
C. Experimen
D. Psikotes


7. Kriteria dari pengertian belajar adalah . . .
  
A.  Belajar merupakan tingkah laku yang bersifat refleks
B.  Belajar merupakan tingkah laku bawaan
C.  Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku berdasarkan pengalaman
D.  Belajar merupakan proses dari tingkah laku seseorang

8. Tingkah laku seekor binatang yang secara otomatis melindungi anaknya merupakan tingkah laku yang dipengaruhi oleh . . .
  
A.  Genetik
B.  Pengalaman
C.  Latihan
D.  Lingkungan

9. Teori belajar kondisioning klasik menekankan pada hubungan antara . . .
  
A.  stimulus dengan respon
B.  stimulus dengan proses mental
C.  respon dengan reinforcement
D.  respon dengan respon

10. Empat komponen penting yang dapat kita pelajari  dalam  observasi adalah . . .
  
A.  Perhatian, penyimpanan, motor reproduksi, dan reinforcement
B.  Perhatian, observasi, motor reproduksi, dan reinforcement
C.  Observasi, memori, motor reproduksi, dan reinforcement
D.  Pemahaman, observasi, memori, dan motor reproduksi
11. Petugas perpustakaan sekolah  membagikan hadiah kepada murid SD  yang sering berkunjung membaca di perpustakaannya. Hadiah  ini merupakan . . .
  
A.  Primary reinforcement
B.  Secondary reinforcement
C.  Negative reinforcement
D.  Schedules of reinforcement

12. Petugas perpustakaan jarang melakukan penagihan terhadap peminjam yang terlambat mengembalikan buku sehingga kebiasaan di perpustakaan tersebut  mengembalikan buku terlambat semakin kuat. Kebiasaan ini merupakan hasil dari  . . .
  
A.  Fixed ratio schedule
B.  Variable ratio schedule
C.  Fixed interval schedule
D.  Variable interval schedule


13.Kebutuhan manusia untuk meraih prestasi, sukses dalam bekerja adalah dorongan yang bersifat .  . .
  
A.  fisiologis
B.  psikologis
C.  Seimbang
D.  Pseudo

14. Karena merusak buku dengan merobek bagian yang dibutuhkan, seorang pengunjung perpustakaan diberikan sanksi yang cukup berat oleh petugas perpustakaan.  Sanksi yang diberikan membuat si pelaku  dan teman-temannya tidak berani melakukan perbuatan yang tidak terpuji tersebut. Sanksi tersebut merupakan . . .
  
A.  Homeostasis
B.  insentif positif
C.  insentif negatif
D.  insentif positif/negatif

15. Setelah mengabdi sepuluh  tahun bekerja, seorang pegawai merasa  harus berusaha untuk diangkat menjadi pegawai tetap. Menjadi pegawai tetap termasuk dalam kebutuhan . . .
  
A.  fisiologis
B.  keamanan
C.  Sosial
D.  Penghargaan
16. Seseorang yang  banyak berinteraksi dengan orang lain. Menurut McClelland, akan memiliki  kebutuhan . . .
  
A.  kekuasaan yang tinggi
B.  prestasi yang tinggi
C.  afiliasi yang tinggi
D.  penghargaan yang tinggi


17. Penerapan sebuah teori di perpustakaan lebih tepat diaplikasikan kepada ...
  
A.   tenaga honorer
B.   pegawai tetap
C.   knowledge worker
D.   manual worker

18. Kondisi tempat  kerja yang nyaman menurut Hezberg akan . . .
  
A.   memotivasi pegawai
B.   mengurangi atau menghilangkan perasaan ketidakpuasan
C.   sumber inspirasi pegawai
D.   memberikan rasa aman

19. Perpustakaan sebaiknya di cat dengan warna terang karena ruangan yang di cat dengan warna terang terlihat lebih lapang dibandingkan jika di cat dengan warna gelap. Hal ini disebut sebagai . . .
  
A.  Halusinasi
B.  Delusi
C.  Ilusi
D.  Persepsi

20. Ketika sedang membaca dan perhatian kita  terfokus pada buku yang dibaca. Sedangkan suara musik, ataupun suara orang bercakap-cakap hanya terdengar samar-samar saja. Hal ini sesuai dengan prinsip . . .
  
A.  Ketetapan
B.  Kesempurnaan
C.  Wujud dan latar
D.  Kelangsungan
21. Anggota perpustakaan baru memperoleh informasi bahwa salah seorang petugas perpustakaan  UT ramah dan mau membantu. Maka anggota perpustakaan tadi  kemudian juga mempersepsikan bahwa petugas perpustakaan tersebut juga seorang yang murah senyum, tidak mudah marah serta baik hati. Hal ini sebut . . .
  
A. Devil effect
B. Teori kepribadian implisit
C. Stereotip
D. False cues

22. Orang yang mempunyai persepsi diri positif akan menampilkan dirinya sebagai seorang yang . . .
  
A.  Percaya diri
B.  Pemalu
C.  Tidak berani tampil
D.  Sombong

23. Bu Dini bekerja di sebuah perpustakaan anak. Ia berusaha selalu  murah senyum, ramah dan sabar. Padahal sesungguhnya ia tidak seperti yang ditampilakannya itu. Hal ini disebut sebagai . . .
  
A.  Halo effect
B.  Kurang lengkapnya informasi
C.  Kebutuhan
D.  False cues

24. Vida yang menyukai seni, menganggap lukisan abstrak sangat bagus dan berseni, sebaliknya Ria yang tidak menyukai hal itu menganggap lukisan abstrak seperti coretan anak-anak saja. Perbedaan persepsi ini disebabkan oleh faktor . . .
  
A.  Kebutuhan
B.  Sistem nilai
C.  Pengalaman masa lalu
D.  Minat

25. Seseorang  yang gemar membaca mengganggap perpustakaan sebagai tempat yang menyenangkan. Sebaliknya  yang tidak suka membaca mengganggap perpustakaan sebagai tempat yang sepi dan kusam. Perbedaan persepsi ini disebabkan oleh  . . .
  
A.   Kebudayaan
B.   Kepribadian
C.   Sosial Ekonomi
D.   Minat
26.   Obyek sikap yang ada pada seseorang meliputi . . .
  
A.  Semua obyek (segala sesuatu) yang ada di dunia
B.  Semua obyek (segala sesuatu) yang ada dalam dunia psikologis individu
C.  Orang atau sekelompok orang
D.  Benda atau sekelompok benda

27.   Seseorang  mempunyai sikap positif terhadap pakaian bermerek. Namun ia tidak membeli pakai bermerek karena ia mempunyai sikap positif terhadap hidup berhemat.  Maka sikap orang tersebut  terhadap pakaian bermerek tidak terwujud dalam tingkah lakunya karena . . .
  
A.  Aspek situasi
B.  Aspek lingkungan
C.  Sikap positif terhadap hidup berhemat lebih kuat dari sikap positif terhadap pakaian bermerek
D.  Aspek ekonomi

28. Komponen afektif merupakan sebagian komponen dari suatu sikap yang . . .
  
A.  Berisi ide-ide, pengetahuan,  anggapan seseorang mengenai obyek sikap
B.  Meliputi emosi atau perasaan seseorang terhadap suatu obyek sikap
C.  Kecenderungan seseorang untuk bertingkah laku tertentu terhadap obyek sikap
D.  Meliputi keyakinan seseorang mengenai obyek sikap

29. ”Ruang perpustakaan daerah di tempat tinggal saya sangat nyaman”. Pernyataan ini merupakan contoh komponen . . .
  
A.  Kognitif
B.  Afektif
C.  Perilaku
D.  Sikap

30. Mengukur sikap terhadap pustakawan rujukan dengan mengobservasi dan mencatat jumlah pemakai meminta bantuan pada pustakwan rujukan bila merupakan cara pengukuran sikap dengan menggunakan metode . . .
  
A.  Skala sikap
B.  Survey pendapat
C.  Self method report
D.  Behavioral measures
31. Seorang anak sangat takut pada kecoa. Rupanya sikapnya itu sama dengan sikap ibunya. Hal ini menunjukan sikap anak tersebut  dibentuk oleh. . .
  
A.  Pengalaman langsung
B.  Interaksi sosial
C.  Informasi
D.  Imajinasi

32. Setelah dua  tahun pacaran akhirnya Andi  dan Erna menikah. Berdasarkan teori tahapan hubungan interpersonal mereka memasuki tahapan ...
  
A.  Experimenting
B.  Intensifying
C.  Bonding
D.  Integrating

33. Secara berurutan lima tahapan yang menuju perpisahan pada teori tahapan hubungan interpersonal adalah ...
  
A.  initiating, experimenting, intensifying, bonding, integrating
B.  initiating, experimenting, intensifying, integrating, bonding
C.  circumscribing, differenting, stagnating, avoiding, terminating
D.  differenting, circumscribing, stagnating, avoiding

34.  yang berpenampilan cantik, dianggap akan  sangat mudah mendapatkan teman, keberhasilannnya mendapatkan teman dikarenakan ia memiliki . . .
  
A.  rasa ingin menolong yang kuat
B.  daya tarik fisik
C.  daya tarik emosional
D.  Empati

35. Kepercayaan yang tinggi akan menghasilkan kinerja yang tinggi merupakan self-fulfilling prophecy yang bersifat . . .
  
A.  Normal
B.  positif
C.  Negatif
D.  Abnormal
36. Kemampuan untuk melihat diri sendiri secara realistis tanpa ada perbedaan yang terlalu jauh antara siapa Anda sebenarnya dan bagaimana orang lain mempersepsikan Anda disebut . . .
  
A.  self disclosure
B.  self evaluation
C.  self  imagination
D.  self awareness


37. Ketika pemakai perpustakaan terlihat kesulitan mencari informasi di OPAC, petugas perpustakaan mendekatinya. Bahasa tubuh yang dilakukan petugas tersebut adalah …
  
A.  physical proximity
B.  physical appearance
C.  physical gesture
D.  Posture

38. Kelompok sosial terkecil yang ada dalam masyarakat adalah. . .
  
A.  Keluarga
B.  OSIS
C.  Kelompok belajar
D.  Kelompok bermain

39.Pengetahuan tentang dinamika kelompok penting bagi pustakawan karena. . .
  
A. Pustakawan tidak bekerja sendiri
B. Pekerjaan yang ada di perpustakaan saling berkaitan, perlu adanya kerjasama
C. Terdapat pembagian tugas di perpustakaan yang didasarkan kualifikasi individu
D. Bekerja di perpustakaan merupakan kelompok eksklusif

40. Beberapa karyawan UT membentuk kelompok pencinta perpustakaan yang bertujuan untuk mendirikan dan mengelola sebuah taman bacaan di lingkungan tempat kerja mereka. Dari pernyataan itu, kita dapat melihat adanya ciri-ciri sebuah kelompok yaitu. . .
  
A.  Terdapatnya dorongan (motif) yang sama
B.  Terdapatnya reaksi dan kecakapan yang berbeda di antara individu satu dengan yang lain akibat terjadinya interaksi social
C.   Terdapatnya pembentukan dan penegasan struktur kelompok
D.  Terjadinya penegasan dan peneguhan norma—norma pedoman tingkah laku
41. Kinerja staf di bagian pengolahan sebuah perpustakaan tampak tidak optimal. Banyak dari mereka yang tidak bekerja secara optimal. Setelah dianalisa ternyata ada beberapa staf yang mengerjakan pekerjaan yang sama padahal pekerjaan itu dapat diselesaikan oleh seorang staf saja. Ketidak efektifan kelompok ini disebabkan oleh . . .
  
A.  Besarnya kelompok
B.  Derajat kohesifitas
C.  Tipe kepemimpinan
D.  Jaringan komunikasi

42. Membangun tim kerja di sebuah perpustakaan merupakan tanggung jawab. . .
  
A   Kepala  perpustakaan
B.   Staf perpustakaan
C.   Kepala dan staf perpustakaan
D.   Konsultan perpustakaan

43. Sering terjadi konflik antar staf perpustakaan. Bila dikritik, mereka merasa bahwa itu hanya alasan untuk menjelek-jelekkan bukan untuk memperbaiki keadaan. Timbul rasa saling curiga di antara mereka. Keadaan ini menunjukkan bahwa di dalam tim tersebut tidak ada. . .
  
A.  Saling tergantung antara anggota kelompok
B.  Target atau tujuan yang jelas
C.  Pemimpin yang efektif
D.  Rasa saling percaya

44. Yang merupakan elemen yang mempengaruhi kepribadian menurut perspektif biologis adalah . . .
  
A.  Pendidikan
B.   Pengalaman
C.   DNA
D.    Budaya

45.  Seorang karyawan perpustakaan dimarahi oleh atasannya , ia menerima dan tidak protes. Tetapi  sesampainya di rumah,  ia marah-marah tanpa alasan yang jelas kepada anak dan istrinya . Tingkah laku karyawan tersebut merupakan bentuk mekanisme pertahanan yang disebut. . .
  
A.   Rationalization
B.   Displacement
C.   Projection
D.   Reaction Formation
46. Bu Dini tidak terpilih menjadi kepala perpustakaan , tetapi kemudian  ia berkomentar bahwa dia tidak terlalu menginginkannya karena pencalonan dirinya bukan karena kemauannya sendiri melainkan keinginan teman-temannya. Tingkah laku Bu Dini  merupakan bentuk mekanisme pertahanan yang disebut. . .
  
A.  Rationalization
B.  Displacement
C.  Projection
D.  Reaction Formation

47. Seseorang yang bertugas di perpustakaan hendaknya peka terhadap keinginan orang lain. Karakteristik seperti ini disebut  ........ dalam the big five
  
A.   High Agreeableness
B.    High Conscientiousness
C.   Rationalization
D.   Extravert

48. Individu yang mencari informasi dengan menggunakan strategi penelusuran dan menyukai informasi yang berkualitas daripada berkuantitas adalah pencari informasi yang disebut dengan. . .
  
A.   Fast surfing
B.   Broad scanning
C.   Deep diving
D.  Search Strategy

49. Di sebuah perpusatakaan perguruan tinggi. Tidak ada aturan yang tegas ubtuk apapun juga. Petugas perpustakaan tidak pernah memberi sanksi apapun pada pengguna yang berbuat kesalahan. Melihat hal itu, pengguna lain mengikutinya. Tingkah laku pengguna perpustakaan  mengikuti prinsip . . .
  
A.   Kondisioning klasik
B.     Kondisioning operan
C.   Belajar kognitif
D.  Belajar afektif

50. Di sebuah perpustakaan baru mengimplentasikan sistem komputerisasi untuk pengkatalogan. Karyawan perpustakaan mempunyai sikap positif terhadap pergantian sistem tersebut. Ia tahu bahwa system itu akan mempermudah pekerjaannya. Pengetahuannya itu merupakan komponen sikap yang disebut. . .
  
A.   Komponen kognitif
B.   Komponen afektif
C.  Komponen perilaku
D.  Sikap positif

No comments:

Post a Comment

Kumpulan Serial Number

HOME SECURITY 1. AVG INTERNET SECURITY 8MEH-R3VBQ-DC433-3FPOA-YK6TW-NEMBR-ACED 8MEH-RPTGT-KMOL7-EEEVR-KYX7C-LEMBR-ACED 8MEH-RF22Z-ANGGS-...